tips sederhana untuk sang guru

Tips mengajar anak sd , khususnya kelas rendah.

Sebenernya aku masih belajar untuk memahami dunia anak-anak yg kadang tak di sadari oleh orang dewasa, bahwa dunia mereka sangat menyenangkan.
Ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda untuk mendidik anak-anak dengan memahami hati mereka.

1.Selalu tersenyum
Menurut pengalaman selama setahun saya menjadi ass.guru saya banyak belajar dari mereka bahwa mengajar memerlukan keikhlasan dari sang guru.
Jika saat masuk kelas sang guru selalu menebar senyum dan menampakan wajah yang ikhlas pasti anak akan merasakan hal itu pula.
Terkadang banyak guru yang mengajar sambil membawa masalah yg ada di rumah dan mereka melampiaskan amarahnya pada muridnya.
Itu berdampak pada pandangan dan kenyamanan anak kepada kita, bahwa sang guru hanya sukanya marah-marah dan selalu menghukum ini itu untuk masalah kecil yang di buat sang murid.
Kita sebisa mungkin memberi seluruh perhatian kita untuk mereka, maka mereka akan memberikan hati mereka sepenuhnya kepada kita.

2. Memposisikan mejadi seorang murid
Kadang seorang guru berpikir bahwa apa yang mereka ajarkan akan dengan mudahnya di terima oleh muridnya.
Padahal kita ketahui bahawa kemampuan anak masih berpikir sesuai dengan apa yg nyata.
Adakalnya kita dituntut untuk memasuki dunia mereka dan berpola pikir seperti mereka.atau bisa dengan kita membayangkan masa SD dulu,sehingga kita bisa paham apa yg murid inginkan dan butuhkan dari kita.

3. Sabar
Tidak cukup dengan orang sepintar apapun tapi apabila dia tidak punya kesabaran dalam mendidik murid-muridnya maka kemungkinan jauh lebih sulit.
Perlu di ingat bahwa mengajar anak SD tak seperti mengajar anak Smp atau bahkan SMA yang bila dibadingkan anak SMP dan SMA lebih mandiri, dan tingkah laku mereka masih bisa di kendalikan.
Anda harus sabar saat menemui banyak tingkah mereka yg kadang membuat kita gregetan.
Saya sering menemui beberapa anak yg bisa di bilang ‘Luar biasa’ dan menjadi biang kegaduhan di kelas.Kebanyakan mereka bertingkah konyol, bahkan selalu mengganggu teman-teman lain saat pelajaran. Tapi semua memang ada sebab dan akibatnya.
Anak-anak yg sering bertingkah diluar kegiatan KBM mereka biasanya cenderung kurang perhatian dari pihak orang tua sehingga mereka mencari perhatian yg tidak mereka dapat di rumah.

Intinya kita harus mendidik dan menyayangi mereka dengan sepenuh hati. Perlakukan mereka seperti memperlakukan diri sendiri supaya kita memahami kebutuhan mereka.
Tetap Semangat !!!

Sekian dan terima kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s